Logistik Kemanusiaan: Pengenalan Logistik Medis dan Manajemen Cold Chain

Posted: August 31, 2021 in Article, Humanitarian
Tags: , ,

KATA PENGANTAR

Sebagai bagian dari operasi logistik kemanusiaan, logistik medis dengan manajemen cold chain nya merupakan salah satu elemen yang paling unik dengan segala standar yang lebih ketat penerapannya apabila dibandingkan dengan proses logistik pada umumnya karena tidak hanya terkait dengan pemenuhan kebutuhan saja, namun amat terkait erat dengan proses penyelamatan dan keselamatan jiwa. Oleh karena itu, berbeda dengan operasi logistik kemanusiaan lainnya, logistik medis lebih mengedepankan efektiftas dibanding efisiensi, yang terkadang menjadi perdebatan manakala sebuah operasi dijalankan, dimana seringkali dukunganuntuk operasi tidak mendapatkan porsi sumber daya yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tulisan ini lebih lanjut akan menjelaskan prinsip-prinsip dasar-dasar logistik medis, karakteristik barang-barang medis, seperti apa manajemen cold chain, bagaimana mengimplementasikan logistik medis dalam suatu manajemen rantai pasokan (supply chain management) serta informasi-informasi lain yang tentunya akan berguna bagi orang-orang yang akan menjadi bagian dari suatu operasi kemanusiaan berbasis kesehatan.

Buku ini ditujukan bagi para praktisi dan pekerja kemanusiaan yang terlibat dalam pengelolaan barang-barang medis dalam program bantuan kemanusiaan. Termasuk didalamnya adalah staf yang tanggung jawab utamanya menyediakan layanan logistik di semua tingkat jaringan pasokan seperti manajer logistik, bagian pembelian, manajer gudang, serta staf yang mengelola transportasi.

Di sisi lain diharapkan juga menjadi sumber informasi yang berharga bagi para profesional kesehatan yang seringkali harus mengelola barang-barang medis tanpa dilatih sebagai logistik dan tanpa persiapan yang memadai. Selain itu, manajer program kesehatan harus memahami masalah dan keterbatasan manajemen rantai pasokan dalam bantuan kemanusiaan bahkan jika mereka tidak terlibat langsung dalam logistik dan sangat penting untuk mempertimbangkan manajemen rantai pasokan sejak awal perencanaan program kesehatan apa pun.

Pembaca tidak memerlukan latar belakang profesional baik di bidang kesehatan atau logistik dan manajemen rantai pasokan. Buku ini juga dapat dibaca oleh staf yang tidak memiliki pengalaman di bidang logistik, tetapi juga akan menjadi sumber yang berharga bahkan bagi staf yang berpengalaman atau bahkan para spesialis. Semua masalah dibahas dalam bahasa yang sederhana dan semua istilah khusus dijelaskan secara terperinci. Glosarium yang komprehensif bermaksud untuk membantu pembaca untuk menjelaskan berbagai macam istilah.

Salah satu tujuan penting lainnya dari buku pegangan ini adalah menyediakan tambahan pengetahuan kepada staf lokal maupun nasional, yang mungkin memiliki kesulitan dalam mengakses informasi terkait. Bagaimanapun, merekalah yang melakukan sebagian besar pekerjaan dalam pengelolaan barang-barang medis sehari-hari.

Untuk versi lengkap Buku Sakunya dapat diunduh disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s