Gerber Dime Vs Leatherman Squirt PS4

Posted: July 2, 2012 in Pocket Tool
Tags: ,

Bermula dari ketertarikan saya akan micro multi tool, kali ini saya akan coba mengulas perbandingan antara Gerber Dime dengan Leatherman Squirt PS4 yang secara garis besar memiliki harga, ukuran dan fungsi yang hampir serupa. Adapun materialnya, Gerber Dime diusung dengan menggunakan 3Cr13 Stainless Steel, sedang Leatherman Squirt PS4 menggunakan 420HC Stainless Steel.

Seperti yang terlihat di gambar, baik Gerber Dime dan Leatherman Squirt PS4 memiliki panjang, lebar dan ketebalan yang hampir serupa walaupun Gerder Dime terasa sedikit lebih berat bila di pegang. Namun perbedaan tersebut tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu berpengaruh pada performa alat tersebut.

Secara fisik, ada perbedaan mencolok antara bilah pisau kedua micro multi tool ini, Leatherman Squirt PS4 memiliki spear point (ujung yang runcing), sedang Gerber Dime memilih blunt point (ujung yang tumpul) dan bilah pisau Gerber Dime sendiri sedikit lebih tebal dibandingkan bilah Leatherman Squirt PS4 yang berbanding lurus dengan daya tahan pisau itu sendiri. Namun dengan ujung spear point, Leatherman Squirt PS 4 amat cocok bila digunakan untuk menusuk ataupun membuat lubang.

Untuk tangnya sendiri, sistem pegas pada Leatherman Squirt PS4 lebih berat dibandingkan Gerber Dime, begitu juga ketebalannya. Namun pada saat dicoba, hal ini tidak berpengaruh banyak pada fungsinya dimana kedua tang ini sebaiknya hanya untuk digunakan pada pekerjaan-pekerjaan yang ringan sampai menengah atau lebih pada kegiatan ringan sehari-hari.

Leatherman Squirt PS4 memiliki kikir yang lebih panjang dibanding Gerber Dime dan dijungnya berfungsi sebagai ujung minus, sedangkan Gerber Dime memiliki ujung minus yang agak melancip, hal ini dimaksudkan untuk menggantikan fungsi obeng plus yang tidak dimiliki Gerber Dime itu sendiri.

Pembuka botol Leatherman Squirt PS4 masi menggunakan model konvensional dengan obeng minus diujungnya sedangkan Gerber Dime memberikan sentuhan menarik dengan meletakkan pembuka botol diluar sistem klipnya yang tentu saja memudahkan bila ingin menggunakannya tanpa harus meluangkan sedikit waktu untuk membukanya dari sistem.

Yah, karena secara garis besar kedua alat ini tidak terlalu jauh berbeda, pilihan akhirnya tergantung teman-teman sekalian sesuai selera dan keinginan masing-masing..🙂

Official Website : http://www.gerbergear.com/Tactical/Tools/Dime-Black_31-001134  http://www.leatherman.com/product/Squirt_PS4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s